Jumat, 15 Januari 2010

Cosmic Rundown

Selama bertahun-tahun dua raksasa industri komik, Marvel dan DC bersaing menampilkan cerita-cerita bertema kosmik yang menghibur para fanboy. Banyak tokoh-tokoh hebat tercipta dan berikut ini adalah beberapa tokoh kosmik yang paling keren yang pernah ada di komik.

GALACTUS (MARVEL)

Sebelum dikenal sebagai Galactus “sang pelahap dunia” yang ditakuti oleh semua makhluk di jagad raya, Galactus bernama asli Galan, makhluk terakhir dari planet Taa yang hancur saat menyelidiki penyebab kiamat yang akan menimpa galaksi mereka miliyaran tahun sebelum dunia Marvel yang ada kini terbentuk. Pesawat antariksa yang dikendalikan oleh Galan ditabrakan kearah kosmik egg yang merupakan penyebab kiamat lalu meledak. Pada saat itulah ia didatangi oleh eternity yang mengaku sebagai kesadaran alam semesta.

Eternity menawarkan pada Galan untuk menggabungkan kekuatan mereka agar bisa selamat dari peristiwa Big Bang yang terjadi. Setelah jagad raya Marvel terbentuk, telur kosmik yan berisi Galactus pun menetas dan lahir. Para pahlawan super bumi berhasil mengetahui tentang sejarah Galactus ketika mereka kedua pahlawan dari dunia Marvel dan DC terlibat dalam permainan kosmik Grandmaster dan Krona (JLA/Avengers No.3, PMK Comics). Galactus sebenarnya bukanlah makhluk yang jahat, ia ditakuti karena nafsu makannya yang besar. Galactus memiliki insting untuk melahap energi dan intisari sebuah planet demi mempertahankan hidupnya. Awalnya, ia hanya melahap planet-planet kosong tak berpenghuni, tapi tidak jarang pula ia melahap planet-planet yang kaya akan sumber daya alam berpenghuni seperti bumi.

Sejauh ini Galactus baru diketahui hanya bisa ditakhlukan dengan Ultimate Nullifier, sebuah senjata super yang sanggup menghapuskan segala bentuk kehidupan yang ada. Senjata ini sesungguhnya merupakan salah satu bagian dari Galactus dan tidak ada yang tahu bagaimana proses terciptanya senjata ini. Ultimate Nullifier sendiri baru diketahui keberadaannya saat Reed Richards atas informasi dari Uatu the Watcher menodongkan senjata itu pada Galactus yang berniat menjadikan bumi sebagai makanannya.

Mengenal Galactus, berarti mengenal ajudannya yang bertugas untuk mencari planet-planet potensial untuk dilahap. Para ajudannya ini diberi kekuatan Power Cosmic oleh Galactus. Beberapa orang yang pernah menjadi ajudannya antara lain, Fallen One, Silver Surfer, Firelord, Nova dan masih banyak lagi. Bahkan Human Torch dari Fantastic Four juga sempat manjadi ajudan Galactus, meski karir Johny Storm sangat singkat.

SUPER SKRULL (MARVEL)

Kl’rt atau lebih dikenal dengan nama Super Skrul adalah salah satu pejuang dari planet Skrull yang lahir di Tarnak IV. Planet Skrull ini dihuni oleh para makhluk mirip reptile berwarna hijau yang memiliki kemampuan untuk berubah bentuk (shape shifter) menjadi wujud apapun yang mereka inginkan. Bahkan benda mati sekalipun.

Di antara sekian banyaknya pejuang Skrull, nama Kl’rt lebih dikenal. Hal yang membuat Kl’rt terkenal adalah saat ia ditunjuk sebagai komandan penyerangan ke bumi oleh kaisar Skrull, Dorrek, jika ia berhasil dalam penyerangan ke bumi. Untuk mewujudkan rencananya tersebut, ia ditawari untuk menjalani eksperimen yang merubah tubuhnya menjadi memiliki kekuatan empat anggota Fantastic Four. Akan tapi kekuatan yang dimilikinya malah melebihi Fantastic Four itu sendiri. Kaisar Dorrek sendiri yang menamainya sebagai Super Skrull.

Dengan kekuatan anggota Fantastic Four yang digabungkan dalam satu anggota tubuh, ia sempat membuat anggota Fantastic Four kebingungan menghadapinya. Tetapi setelah Reed Richard mengetahui kelemahannya, Fantastic Four berhasil mengalahkan Super skrull dan mengusirnya kembali ke planet Skrull. Musuh utama bangsa Skrull adalah makhluk dari planet Kree.super Skrull sendiri mempunyai dendam kepada Fantastic Four yang selalu meggagalkan rencananya untuk menguasai bumi.

Terakhir diketahui pernah ada seorang Super Skrull lain yang menyamar sebagai salah satu anggota illuminati di bumi, Blakbolt, yang memiliki kemampuan para anggota illuminati.

MONGUL (DC COMICS)

Mongul pernah memiliki bangsa sendiri yang ia pimpin. Namun karena ia memimpin dengan tangan besi, ia digulingkan oleh rakyatnya. Mongul bertekad untuk mengembalikan kekuasaannya. Demi mencapai tujuannya, ia menggunakan senjata penghancur masal yang berbentuk sebuah planet kecil, disebut Warworld. Dengan senjata ini ia mengembara, berkeliling menakhlukan(menghancurkan) planet-planet.

Aksinya ini membuat dia sering berhadapan dengan Superman, karena ia berkali-kali menargetkan bumi sebagai sasarannya. Kegagalannya mengalahkan Superman membuatnya terobsesi untuk menghancurkan sang manusia baja dan bumi. Dalam invasinya yang kesekian kali ke bumi, ia bertemu dengan Cyborg Superman. Keduannya lalu bekerjasama menghancurkan Coast City dan mengubahnya menjadi kota mesin untuk menjadikannya Warworld yang baru (Return of Superman No.5, PMK Comics).

Mongul yang sekarang adalah putra dari Mongul yang dulu pernah menghancurkan Coast City. Sama seperti ayahnya ia juga orang yang berambisi, bahkan ia tega menghabisi saudara kandung sendiri, Mongal, yang dianggapnya penghalang tujuannya. Terakhir terlihat, Mongul habis membunuh seseorang anggota Sinestro Corps demi memperoleh cincinnya.

DARKSEID (DC COMICS)

Lahir dengan nama Uxas, salah satu New Gods dari Fourth World penguasa planet Apokolips, Darkseid sudah lama memilki ambisi untuk meguasai planet tetangganya, New Genesis. Perang saudara selama bertahun-tahun dihentikan oleh perjanjian kesepakatan antara Highfather, penguasa New Genesis dengan Darkseid, mereka saling bertukar anak. Putra Darkseid, Orion diserahkan pada Highfather sementara Scott Free putra Highfather diserahkan pada Darkseid untuk diasuh.

Darkseid mengira dengan memberikan anaknya ia secara tidak langsung akan menguasai planet tersebut dengan menempatkan putranya disana, tapi siapa sangka ternyata Orion memiliki sifat yang bertolak belakang dengan ayahnya karena asuhan Highfather. Sementara putra Hihfather sendiri tidak pernah bisa ia atur menuruti kehendaknya. Scott Free akhirnya berhasil kabur dari Apokolips dan bergabung dengan Justice League sebagai Mr. Miracle.

Untuk menjadi penguasa Apokolips seperti sekarang ini, perjalanan Darkseid cukup panjang dan penuh darah. Ia memulainya dengan membunuh ibunya sendiri, Yuga Khan, untuk merebut kekuasaan. Berikutnya ia bertarung denan Desaad, kakaknya yang telah mengkhianati kakaknya yang lain, Drax dalam perebutan menjadi pemilik kekuatan Omega Effect.

Apokolips tidak cukup besar untuk menampung ambisinya menjadi penguasa dunia. Untuk mewujudkan cita-citanya, ia berencana menghapuskan kebebasan berkehendak setiap makhluk, karena menurutnya jika seseorang berada di bawah kendali satu orang, keharmonisan yang diinginkan dapat terwujud. Hal ini membuatnya berurusan dengan Superman, yang pernah memenjarakannya di Source Wall (Superman/Batman No.6 PMK Comics).

Untuk itu Darkseid selalu mencari rahasia terbesar alam semesta yang akan membantunya mewujudkan cita-citanya, The Anti-Life Equation, suatu formula yang diharapkannya akan dapat menghapuskan semua harapan dan kebebasan hidup setiap makhluk. Hingga kini Darkseid masih terus mencari formula ini, walau diduga Mr, Miracle sudah pernah menemukannya.

ANNIHILIUS (MARVEL)

Dua tahun lalu, nama penguasa Negative Zone ini kembali bergaung di seantero jagad Marvel. Dengan pasukan yang diberi nama Annihilation Wave, ia mengobarkan perang bintang yang mengancam semua planet-planet yang ada. Ribuan tahun lampau, di sebuah planet kosong, sebuah pessawat angkasa bangsa Tyannan terjatuh.

Dari dalam pesawat tersebut keluar spora-spora yang akhirnya melahirkan kehidupan. Makhluk berbentuk mirip serangga yang lahir dari spora tersebut berevolusi dengan segala kecerdasannya. Ia lalu menemukan bangkai pesawat Tyannan dan selanjutnya menyerap semua informasi yang pernah dipelajari oleh bangsa Tyannan ke dalam dirinya.

Annihilius sudah sejak lama menjadi salah satu musuh utama Fantastic Four. Pertemuan pertama keluarga Marvel ini dengan Annihilius berlangsung saat ketiga anggota F4 memasuki dimensi Negative Zone untuk mencari anti partikel penyembuh bagi Sue Storm yang mengalami kelainan dalam proses kehamilannya. Anggota Fantastic Four berhasil melarikan diri dari perangkap Annihilius. Gagal dalam kesempatan pertama, Annihilius juga pernah mencoba menculik putra Reed Richards, Franklin Richards, karena ia menginginkan kekuatan yang dimiliki anak tersebut.

Selain menginvasi bumi, Annihilius diketahui pernah menyerang Asgard, tempat tinggal Odin dan dewa-dewa lainnya, saat orbit Asgard melintasi Negative Zone. Annihilius belakangan ini menyadari bahwa Positive Zone mulai mengancam keberadaan tempat tinggalnya Negative Zone, karena itu ia memimpin pasukannya Annihilation Wave untuk menyerang planet-planet lain. Annihilius sangatlah kuat, dalam invasinya ia berhasil menjatuhkan banyak pejuang tangguh seperti Quasar, Nova, Super Skrull dan juga silver Surver.

ANTI MONITOR (DC COMICS)

Bentuk tubuhnya boleh terlihat aneh dan bodoh, tapi makhluk ini sangatlah berbahaya. Anti Monitor adalah versi jahat dari Monitor, pengawas jagad raya dalam dunia DC. Tercipta tanpa sengaja saat Krona mengadakan eksperimen untuk menyasikan kelahiran kembali sebuah semesta. Perbuatan Krona yang melahirkan dunia-dunia paralel ikut melahirkan dua makhluk yang berbeda, Monitor lahir di bulan Oa, sementara di bulan Qward muncul kembarannya, Anti Monitor.

Dalam waktu singkat, Anti Monitor berhasil menguasai dunia Anti Matter Qward. Berikutnnya, Anti Monitor bertekad untuk menguasai dunia lainnya yang membuatnya harus berhadapan dengan satu sama lain yang menyebabkan keduanya menjadi mati suri selama miliyaran tahun. Hingga seorang alien bernama Pariah mengadakan eksperimen yang sama seperti yang dilakukan Krona. Akhirnya Monitor dan Anti Monitor bangkit kembali. Anti Monitor menghancurkan planet-planet yang ada dan mengambil semua energinya, tapi kali ini ia mendapat halangan dari para superhero dan penjahat DC.

Dengan dipimpin oleh Alexander Luthor, para superhero DC berhasil mengalahkan Anti Monitor. Tapi ternyata Anti Monitor hidup kembali dengan terlahirnya kembali dunia paralel DC setelah Infinite Crisis. Dan setelah menjadi guardian bagi Sinestro Corps, Anti Monitor akan menjadi sumber tenaga bagi sebuah pasukan baru, Black Lantern Corps.

THANOS (MARVEL)

Jika ada makhluk di dunia Marvel yang bisa menyamai kekejaman Darkseid, maka Thanos-lah orangnya. Lahir sebagai mutan dari ras Titan di bulan Saturnus, Thanos yang berkulit ungu ini mempunyai kekuatan yang bisa menyerap energi kosmis ke dalam tubuhnya untuk ia gunakan kapan saja. Thanos selalu menjauh dari keluarga Titannya karena ia merasa dilahirkan berbeda dengan yang lainnya.

Aksi penakhlukan Thanos terhadap galaksi dimulai dengan menghancurkan planetnya sendiri dan membunuh jutaan penduduknya. Setelah itu Thanos memulai rencananya menguasai galaksi dengan menjadikan bumi sebagai sasarannya. Ia membangun markas di bumi dan pesawat antariksa yang juga berrfungsi sebagai “penerjemah universal” bagi pasukannya.

Dalam upaya menakhlukan galaksi, Thanos telah berhasil memperoleh dua buah senjata terkuat yang pernah ada di galaksi. Pertama, Cosmic Cube, sebuah kubus yang mampu membuat pemiliknya mengubah kenyataan sesuai keinginan. Dan yang kedua adalah Infinity Gauntlet. Benda yang berwujud sarung tangan ini mempunyai 6 permata yang disebut Infinity Gems. Keenam batu pertama ini mempunyai kekuatan berbeda-beda, ada yang bisa mengendalikan waktu, ruang, kekuatan, jiwa, pikiran, dan realita. Thanos sangat menyukai Mistress Death, salah satu perwakilan jagad raya dan ia rela melakukan apapun baginya. Hal ini pula salah satu alasan mengapa Thanos menghancurkan galaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar